Kali Linux 2019.4 Release

thumbnail

Introduction

Kali Linux adalah distro turunan Debian dan merupakan penerus BackTrack yang digunakan untuk uji penetrasi. Pada akhir tahun ini, Kali Linux merilis versi terbarunya yaitu Kali Linux 2019.4 dengan berbagai pembaruan yang sangat menarik.

Kali Linux 2019.4 mencakup beberapa pembaruan yang menarik seperti :

  • Default desktop environment baru, Xfce
  • Tema GTK3 baru (untuk Gnome dan Xfce)
  • Mode “Kali Undercover”
  • Kali Documentation memiliki home baru dan berbasis Git
  • Public Packaging
  • Kali NetHunter KeX – Full Kali desktop pada Android
  • BTRFS saat setup
  • Menambahkan PowerShell
  • Kernel versi 5.3.9
  • Perbaikan bug

New Desktop Environment and GTK3 Themes

Satu dari sekian hal yang menarik dari pembaruan ini adalah Desktop Environment dan Tema nya yang terlihat futuristic. Sebagai ringkasan, Offensive Security ingin mengatasi beberapa masalah secara langsung seperti :

  • Performance Issues – Gnome adalah desktop environment berfitur lengkap dengan banyak hal mengagumkan yang dapat dilakukan. Tetapi semua fitur ini dilengkapi dengan overhead, bahkan overhead yang tidak berguna untuk distribusi seperti Kali. Offensive Security ingin mempercepat, dan memiliki desktop environment yang hanya melakukan apa yang diperlukan, dan tidak ada yang lain.
  • Fractured User Experience – Kali mendukung berbagai perangkat keras, dari yang sangat tinggi hingga sangat rendah. Karena itu, secara tradisional build lower-end ARM Kali memiliki UI yang sangat berbeda dari standar Kali. Pada pembaruan ini, Kali menyamakan UI pada berbagai perangkat keras.
  • Modern Look – Kali ingin menampilkan sesuatu yang fresh,baru dan modern.

Kali juga telah merilis FAQ tentang tema baru yang dapat anda temukan di halaman dokumen Kali termasuk beberapa item umum seperti cara beralih ke tema pada pemasangan yang ada, cara mematikannya jika anda tidak menyukainya, dan sebagainya.

Kali Undercover

Fitur paling menarik dari pembaruan ini yaitu Kali Undercover. Kali Undercover akan membuat tampilan desktop seperti Windows sehingga bisa menyamarkan OS original saat di tempat umum.

Kali Documentation

Pada pembaruan ini, Kali telah memindahkan semua dokumentasi ke Markdown di repositori Git publik. Mulai sekarang, siapa pun, tidak hanya staf Kali, dapat berkontribusi pada dokumentasi yang lebih baik melalui permintaan penggabungan. Kali masih akan menyetujui perubahan konten apa pun, tetapi setelah digabungkan, perubahan akan secara otomatis tersedia di bagian dokumen situs web kali.

Public Packaging

Dengan banyak nya permintaan user untuk menambah tools dan memperbarui yang ada, Kali membuat fitur Public Packaging dimana kita diijinkan untuk membuat package yang bisa dimasukkan pada Kali dengan persetujuan Kali.

BTRFS during Setup

Fitur ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan file sistem ke keadaan sebelum terjadinya masalah setelah peningkatan.

Ketika anda berada di VM dan akan mencoba sesuatu yang baru, anda akan sering mengambil snapshot. Jika terjadi kesalahan, anda dapat dengan mudah kembali ke kondisi known-good. Namun, saat anda menjalankan Kali bare metal, itu tidak mudah. Jadi, anda akhirnya menjadi ekstra hati-hati, atau jika ada yang salah, banyak yang harus dilakukan secara manual. Dengan BTRFS, anda memiliki kemampuan snapshot yang sama pada instalasi bare metal!

Karena ini baru, belum terintegrasi ke dalam pemasang Kali. Setelah Kali mendapatkan feedback tentang cara kerjanya untuk semua orang, langkah selanjutnya adalah merampingkan dan menjadikannya pilihan yang lebih mudah di Kali installer. Jadi, jika anda mencobanya, pastikan untuk memberi tahu Kali cara kerjanya untuk anda!

Powershell

Jika anda melewatkannya atau lupa, Powershell sudah bisa ditambahkan pada Kali Linux sejak tahun lalu guna menghadirkan kemampuan untuk mengeksekusi skrip PowerShell langsung di Kali.

Nethunter KeX

Singkatnya, ini memungkinkan anda untuk melampirkan perangkat Android anda ke output HDMI bersama dengan keyboard dan mouse Bluetooth dan menampilkan desktop Kali

Untuk mendapatkan rincian lengkap tentang cara menggunakan NetHunter Kex, lihat dokumen Kali

Install Kali Linux 2019.4

Anda bisa download Kali Linux terbaru di https://www.kali.org/downloads/
Jika anda sudah menggunakan Kali versi sebelumnya, anda bisa update dengan cara berikut :

root@kali:~# cat <<EOF>/etc/apt/sources.list
deb http://http.kali.org/kali kali-rolling main non-free contrib
EOF
root@kali:~#
root@kali:~# apt update && apt -y full-upgrade
root@kali:~#
root@kali:~# [ -f /var/run/reboot-required ] && reboot -f 

Untuk switch ke Xfce :

 root@kali:~# apt -y install kali-desktop-xfce 

Untuk cek versi Kali Linux anda, dengan cara berikut :

 root@kali:~# grep VERSION /etc/os-release
VERSION="2019.4"
VERSION_ID="2019.4"
VERSION_CODENAME="kali-rolling"
root@kali:~#
root@kali:~# uname -v
#1 SMP Debian 5.3.9-3kali1 (2019-11-20)
root@kali:~#
root@kali:~# uname -r
5.3.0-kali2-amd64
root@kali:~#

Reference

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top